Minggu, 04 Januari 2009

Apa itu Tiga Mustika? Apa maksudnya berlindung pada Tiga Mustika?

Apa itu Tiga Mustika? Apa maksudnya berlindung pada Tiga Mustika?

Tiga Mustika adalah Buddha, Dharma, dan Sangha. Buddha adalah orang yang telah membersihkan noda-noda – emosi-emosi pengganggu, jejak perbuatan yang dimotivasi oleh emosi-emosi pengganggu, dan noda dari emosi pengganggu – dan seseorang yang telah mengembangkan semua kualitas baik, seperti cinta kasih dan welas asih universal, kebijaksanaan mengetahui segala sesuatu, dan keahlian membimbing orang lain.

Dharma mewujudkan cara pencegahan yang menjaga kita dari masalah dan penderitaan. Dharma terdiri dari ajaran Sang Buddha, juga pengertian akan ajaran-ajaranNya – penghentian masalah dan penyebabnya, dan realisasi atau jalan menuju penghentian tersebut.

Sangha adalah mahluk-mahluk yang memiliki pemahaman langsung tanpa konsep tentang kesunyataan atau kebenaran sejati. Dalam tingkatan relatif, Sangha juga termasuk para bhikkhu yang menerapkan ajaran Sang Buddha.

Dharma adalah pelindung kita yang sebenarnya, obat yang kita minum untuk menyembuhkan masalah dan penyebabnya. Buddha adalah seperti dokter, yang mendiagnosis penyebab masalah kita dengan tepat dan menulis resep obat yang tepat pula. Dengan membantu kita dalam praktik, Sangha mirip dengan perawat yang membantu kita mengambil obat.

Mengambil perlindungan berarti kita menyandarkan diri sepenuh hati pada Tiga Mustika untuk mengilhami dan membimbing kita menuju arah yang membangun dan menguntungkan dalam kehidupan kita. Mengambil perlindungan tidak berarti bersembunyi dengan pasif di bawah perlindungan Buddha, Dharma, dan Sangha. Melainkan adalah proses aktif mengikuti arah yang mereka tunjukkan dan meningkatkan kualitas hidup kita.

Dikutip dari http://www.mahavihara-mojopahit.or.id/mbmb.php#intisari5

Tidak ada komentar:

Posting Komentar