Sabtu, 21 Maret 2009

Kecemasan Oleh : Ven .Thich Nhat Hanh

Kecemasan

Oleh : Thich Nhat Hanh

Ada seorang temanku bertanya, “Apakah engkau tidak cemas dengan keadaan dunia materialistik zaman sekarang ini?”

Aku bernapas dengan damai kemudian menjawab, “Bagiku, yang paling penting adalah jangan membiarkan kecemasan atas dunia materialistik ini memenuhi hatiku, apabila hatiku sesak oleh kecemasan ini, aku akan jatuh sakit, aku tidak berdaya dan tidak bisa berbuat sesuatu untuk membantu.”

Ada begitu banyak perang, entah itu perang besar atau kecil, keadaan ini membuat kita kehilangan kedamaian. Kecemasan merupakan satu penyakit akut di zaman ini, kita khawatir akan diri sendiri, keluarga, teman, kerja, dunia materialistik, dan keadaan dunia ini. Apabila kita membiarkan kekhawatiran memenuhi hati, cepat atau lambat kita akan jatuh sakit.

Ada begitu banyak penderitaan di setiap sudut dunia, walaupun mengetahui keadaan demikian tidaklah melumpuhkan kita sama sekali. Apabila kita berlatih napas, jalan, duduk, kerja dengan penuh kesadaran, kita mencoba untuk membantu, dengan demikian kedamaian akan hadir dalam hati kita.

Kecemasan tidak mampu menyelesaikan masalah, bahkan kita cemas 20 kali lipat lebih banyak, tetap saja tidak membawa perubahan atas dunia materialistik ini, justru kecemasan membuat situasi semakin buruk!

Walaupun pada kenyataanya, dunia ini bukanlah seperti yang kita harapkan, namun kita tetap bisa merasa puas karena kita telah mencoba berbuat sesuatu, tentu saja kita akan terus berupaya. Apabila kita tidak tahu bagaimana cara jalan, duduk, senyum, kerja dengan penuh perhatian setiap saat dalam kehidupan sehari-hari, maka kita tidak akan pernah bisa membantu siapa pun.

diadaptasi dari ceramah Thay Nhat Hanh

Sumber : http://nyanabhadra.wordpress.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar