Selasa, 10 Februari 2009

ITC Akan Luncurkan Kitab Suci Tipitaka

ITC Akan Luncurkan Kitab Suci Tipitaka

Medan, (Analisa)

Indonesia Tipitaka Center (ITC) yang dibentuk untuk menerjemahkan kitab suci Agama Buddha Tipitaka dari Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia

akan kembali meluncurkan 4 kitab yakni Jataka vol I dan II, Patisambhidamagga & Cariyapitaka pada 1 Maret mendatang di Selecta Royal Ballroom lantai 5 Medan.

ITC yang digagas oleh Bhikkhu senior, YM Bhikkhu Jinadhammo Maha Thera, pernah menghasilkan karya-karya terjemahan Tipitaka sejak tahun 2006 sampai 2008, yaitu Vinayapitaka vol I, Jataka vol III, IV dan V.

“Kitab yang akan diluncurkan kali ini adalah bagian dari kumpulan Khuddakanikaya, salah satu kitab dalam Suttapitaka,” sebut Henny Wira selaku Ketua Panitia Kegiatan.

Ia juga menjelaskan peluncuran kitab Jataka kali ini melengkapi tiga kitab Jataka yang telah ada sebelumnya. Kitab Jataka berjumlah 6 volume, berarti tinggal satu kitab Jataka lagi yang belum diterjemahkan dan diterbitkan.

Kitab Jataka memuat kisah-kisah kelahiran Bodhisatta sebelum kelahiran terakhir sebagai Siddhatta Gotama yang selama ini telah banyak dikenal melalui cerita-cerita Buddhis untuk anak-anak.

Patisambhidamagga merupakan khotbah terperinci yang diberikan oleh Arahat Sariputta Thera tentang ajaran-ajaran Buddha Gotama dalam bentuk tanya jawab, sebuah analisis tentang konsep-konsep Abhidhamma.

Cariyapitaka berisi 35 kisah kehidupan lampau Buddha (mirip kisah-kisah Jataka) sebagai Bodhisatta yang mempraktikkan sepuluh perilaku baik yang dikenal dengan 10 Kesempurnaan (Dasa Paramita) yang menjadi prasyarat mencapai Ke-buddha-an. Kitab Cariyapitaka ini dibabarkan oleh Buddha Gotama atas permintaan Sariputta.

Selain peluncuran buku, ITC juga akan menghadirkan Ajahn Brahmavamso, seorang Bhikkhu tersohor di dunia untuk memberikan ceramah Dhamma dengan topik Bahagia Tiada Taranya.

“Ajahn Brahmavamso adalah seorang Bhikkhu yang memiliki gelar Doktor Fisika di Universitas Cambridge. Beliau juga merupakan salah satu Master Jhana & Vipassana terbaik di dunia. Hasil karyanya yang terkenal dan berhasil menjadi bestseller internasional adalah Opening Your Heart dan Superpower Mindfulness,” ucap Henny Wira.

Pada waktu dan hari yang sama juga akan diluncurkan buku ketiga dari Ajahn Brahm yang berjudul Hidup Senang Mati Tenang. “Undangan dan informasi acara dapat menghubungi Sekretariat ITC di Jalan Haji Misbah (Komplek Multatuli) Blok B No. 3-4-5 Medan,” tutup Henny mengajak Umat Buddha untuk ikut berpartisipasi. (rel/jg)

sumber : http://www.analisadaily.com/index.php?option=com_content&view=article&id=6242:itc-akan-luncurkan-kitab-suci-tipitaka-&catid=31:umum&Itemid=30


Tidak ada komentar:

Posting Komentar