Senin, 29 Desember 2008

Apa kata tokoh Agama Buddha terkemuka ?

Apa kata Tokoh Agama Buddha yg terkemuka ?

1. Bhikkhu Ashin Jinarakkhita Maha thera

( Lahir 23 Januari 1923 - wafat 28 April 2002 )

Lahir di Bogor dengan nama Tee Boan An , sebagai bhikkhu pertama dan

pelopor kebangkitan agama Buddha setelah kejayaan agama Buddha di

Zaman kerajaan Mojopahit dan Sriwijaya, sebagai pimpinan tertinggi di

Sangha Agung Indonesia .

" Orang yang menuju Samadhi mesti belajar sila terlebih dahulu, berani berkorban dan membersihkan pikiran, yang dititik beratkan adalah watak. Orang banyak menganggap watak tidak dapat diubah, jikalau tidak bisa, itu hanya sebagai alasan belaka, sebenarnya belum mau mengubah, jadi menyatakan tidak bisa diubah. "


2. Mahasi Sayadaw

( Lahir 1904 - wafat 14-08-1982 )

Lahir di Burma, umur 6 tahun menjadi samanera, menjadi bhikkhu 26 Nopember 1923. Guru meditasi terkenal, beliau adalah guru bhante ashin jinarakkhita .

" Ketika anda bermeditasi , anda harus bermeditasi dengan sebuah metode, hanya metode yang benar dapat menuntun ke pembebasan. Jika anda melihat segala sesuatu sebagai permanen, bagaimana disana terdapat pandangan terang ? Jika anda memandang mereka sebagai kebahagiaan, indah, sebagai jiwa, ego bagaimana disana terdapat pandangan terang ? "


3. H.H Dalai Lama XIV / Tenzin Gyatso

( Lahir 6 Juli 1935 - sekarang )

Lahir di desa takster, Tibet. Reinkarnasi dari dalai lama ke 13, Dinobatkan sebagai dalai lama ke -14 pada 22 febuari 1940. Menerima hadiah Nobel perdamaian pada 10 desember 1989. Sebagai pemimpin spiritual dan pemimpin Negara, sekarang tinggal di Dharamsala India .

" Tujuan hidup haruslah positif. Kita tidak dilahirkan untuk menyusahkan ataupun membawa penderitaan bagi orang lain . Agar hidup kita bernilai, saya pikir kita harus memiliki dan terus memelihara karakter manusia yang sebenarnya; kebaikan hati dan belas kasih. Karakter - karakter tersebut memang sudah tertanam didalam diri kita, dengan terus mengembangkannya hidup kita menjadi lebih berarti, lebih damai , lebih bahagia "


4. DR.K. Sri. Dhammananda Maha thera

( Lahir 18 Maret 1919 - wafat 31 agustus 2006 )

Lahir di Srilanka, umur 12 tahun menjadi samanera, umur 22 tahun menjadi bhikkhu. Menulis banyak buku - buku buddhis dan pengkotbah yang andal .

" Sang Buddha tidak pernah menyatakan bahwa ia adalah anak atau pembawa pesan dari Tuhan Manapun. Ia dilahirkan untuk menghalau kegelapan batin dan menunjukan pada dunia bagaimana bebas dari penderitaan "


5. Ajahn Chah

( Lahir 17-06-1918 - wafat Januari 1992 )

Lahir di ubon rajathani , Thailand, menjadi bhikkhu pada usia 20 tahun. Merupakan guru meditasi yang terkenal dan di yakini telah mencapai Arahat.

" Meditasi hanya mengenai pikiran dan perasaan. Meditasi bukan sesuatu yang perlu dikejar atau secara berlebihan diperjuangkan. Nafas berlangsung selama kita bekerja, alampun menjaga proses alami. Yang perlu kita lakukan hanyalah mencoba untuk sadar, masuk ke dalam batin untuk melihat dengan jelas. Meditasi adalah seperti itu "


6. Master Hsing Yen

( Lahir 22 Juli 1927 - sekarang )

Lahir di Jiang su , China. Jadi samanera umur 12 tahun, pendiri Fo Guang Shan pada 16 mei 1967. Beliau yang mendirikan organisasi BLIA.

" Didunia ini ada sebagian orang memiliki sifat keragu - raguan dalam mengambil keputusan untuk melakukan sesuatu dan terlalu banyak pertimbangan, sehingga kehilangan berbagai kesempatan yang berbahagia ."


7. Buddhadasa Bhikkhu

( Lahir 27-05-1906 - wafat 1993 )

Lahir di phumrieng. Surat thani. - Thailand. Menjadi bhikkhu 29-06-1926, mendirikan Vihara Hutan Suan Mokkh. Mendapat penghargaan dari unesco.

" Bila anda cukup bijaksana untuk tidak melekat pada setiap bentuk dualisme, anda tidak akan menderita lagi karena benda - benda ini, baik atau buruk, bahagia atau menderita, kebajikan atau kejahatan semuanya akan terlihat sebagai phenomena alamiah, bagian yang alamiah dari alam semesta. Mereka semua secara alamiahnya adalah kosong. Jadi tak ada lagi penderitaan yang melekat padanya "


8. Master Cheng Yen

( Lahir 11 Mei 1937 - sekarang )

Lahir di desa Ching Shui. Taichung - Taiwan. Menjadi Bhikkhuni pada Febuari 1963, mendirikan organisasi Tzu Chi pada 14 April 1966. Sekarang memiliki cabang di 39 negara. Bergerak dalam bidang kemanusiaan, kesehatan, pendidikan dan kebudayaan.

" Jangan menganggap remeh diri sendiri, karena setiap orang memiliki potensi yang tak terhingga. Banyak berbuat baik akan mendapatkan banyak berkah, kurang berbuat baik akan kehilangan banyak berkah. Lakukanlah dengan sukarela, terimalah dengan sukacita ."


9. Tipitakadhara Mingun Sayadaw

( Lahir 1911- wafat 1992 )

Lahir di Burma, menjadi samenera umur 7 tahun, jadi bhikkhu tahun 1930.Pada konsili ke VI di Burma Sayadaw mengulang keseluruhan isi Ti pitaka luar kepala peristiwa ini dicatat dalam gueness book of record sebagai manusia yang memiliki ingatan paling dahsyat.

" Hendaklah seseorang mengatakan apa yang telah dikerjakannya. Jangan mengatakan apa yang tidak dikerjakan oleh diri sendiri, Seseorang yang hanya berkata tetapi tidak mengerjakannya akan dicela oleh para bijaksana" .


10. Master Thich Nhat Hanh

( Lahir 11 Oktober 1926 - Sekarang )

Lahir di Vietnam, jadi samanera umur 16 tahun, jadi bhikkhu tahun 1949. Menulis banyak buku - buku buddhis, guru meditasi zen dan menerima hadiah nobel perdamaian pada 25 januari 1967.

" Setiap langkah yang anda ambil dapat membantu mengembalikan kebebasan pada diri anda. Setiap nafas yang yang anda hirup dapat membantu mengembangkan dan mengembalikan kebebasan pada diri anda. Tidak peduli bagaimana atau dimana anda menemukan diri anda, jika anda mempunyai kebebasan , anda akan bahagia ."


11. Ajahn Brahmavamso

( Lahir 7 Agustus 1951 - Sekarang )

Lahir di London, umur 23 menjadi bhikkhu, murid dari Ajahn Chah.

" Menakjubkan sekali bukan , Apa yang bisa dilakukan oleh pikiran ?

Apapun beban itu, rasa bersalah, rasa tidak suka , kesedihan , putus asa, kemarahan kejengkelan atau neraka apapun juga yang kita jalani dalam kehidupan ini , bisa kita lepaskan kapan saja kita mau, Pikiran kita sendiri yang menentukan / menciptakan itu semua . "


12. H. H Karmapa 17

( Lahir 26 Juni 1985 - Sekarang )

Lahir di Lhatok , tibet, reinkarnasi dari karmapa 16, dinobatkan sebagai karmapa 17 pada 27 september 1992.

" Coming from the sun of the precious Buddha, the smiling rays of luminous Dharma, precious and genuine. Bring to blossom the lotus garden of the Sangha, the supreme assembly, may the three realms reveal all their beauty in auspicious glory. "


Tidak ada komentar:

Posting Komentar